Berita terkini
Musyawaroh Kubro dan Bahtsul Masaail ke 40

www.apikkaliwungu.com.– Dimasa Pandemi Covid 19 ini , untuk menghadapi bulan Maulid para santri seperti biasa seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu melaksanakan kegiatan Musyaearoh Kubro dan Bahtsul Masaail yang ke 40. Kegiatan Musyawarah Kubro dan Bahtsul Masail Kubro merupakan kegiatan rutin  dari Madrasah Salafiyyah Miftahul Hidayah dan Pendidikan Diniyah Formal Pon Pes Salaf APIK Kauman Kaliwungu Kendal yang di gelar satu tahun dua kali, yakni pada pertengahan tahun dan pada penghujung akhir tahun ajaran nanti. Di samping tiap bulannya dari Madrasah Salafiyyah Miftahul Hidayah  dan Pendidikan Diniyah Formal Pon Pes Salaf APIK Kauman Kaliwungu mengadakan Musyawarah Wustho dan Bahtsul Masail Wusho.

Adapun yang mengikuti kegiatan Musyawarah Kubro ialah para santri kelas I MTs sampai kelas II Aliyyah. Serta yang ikut berpartisipasi dalam Kegiatan Bahtsul Masail Kubro ialah Santri kelas I Aliyyah sampai III Aliyyah beserta para Mutakhorijin. Penekanan Dalam Musyawarah Kubro itu sendiri ialah pada pelajaran Nahwu Shorof meliputi tarkiban, murod, serta Pertanyaan Wajib dari tiap delegasi kelas di sertai dengan sanggahan dari kelas yang lain. Sedangkan dalam Bahtsul Masail Kubro, pembahasan soal diambil dari peristiwa- peristiwa faktual terkini yang terjadi pada akhir akhir ini, dikaji hukumnya secara bersama sama. Para santri sangat antusias sekali dengan kegiatan ini.

Cuma perbedaannya dengan tahun-tahun sebelumnya ialah pada bulan Maulid kali ini para santri tidak diliburkan sampai akhir tahun nanti.

PANMUSYBAH 1441-1442 H/2020-2021 M

Ust. Sam’an Sulaiman

Ust. Iskandar Sailani

Ust. Ahmad Ahwaluddin

Facebook Comments

About the author

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *