Berita terkini
Ramadhan Mubarok

Bulan Romadhon adalah salah satu bulan yang mulia dari beberapa bulan dalam kalender islam. Di bulan ini, Allah SWT menurunkan rahmat, maghfiroh dan kemurahannya untuk membebaskan hambanNya dari api neraka. Banyak fadhilah bulan romadhon yang telah disampaikan oleh Rasulullah SAW untuk umatnya.

Oleh karena itu, setiap orang islam (muslim) berupaya dan berlomba-lomba untuk selalu meningkatkan intensitas amaliyahnya (ibadah dan amal sholih) pada bulan ini.

Dalam sebuah hadits disebutkan “ Barang siapa berpuasa di Bulan Romadhon  dengan iman dan mengharap pahala di sisi Allah SWT, maka (ia) akan diampuni dosa-dosanya yang telah lewat ataupun (dosa) yang akan datang.”

Berdasarkan hadits ini, setiap muslim berusaha dan berorientasi untuk mendapatkan keberuntungan di hari kemudian, berupa diampuninya dosa dan mendapatkan pahala sehingga ia tidak akan menyia-nyiakan kesempatan datangnya Bulan Romadhon dan mengisinya dengan aktifitas-aktifitas yang positif dan bernilai ibadah.

Di antara sekian amalan yang bernilai ibadah adalah “ngaji pasaran”. Secara umum ngaji pasaran dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan (pengajian) yang diselenggarakan di Bulan Romadhon yang diikuti oleh komunitas santri di pondok pesantren atau tempat-tempat lain seperti majlis ta’lim, masjid, musholla dan kediaman kiai dengan kitab-kitab tertentu.

Oleh karena itu, bila menjelang datangnya Bulan Romadhon, banyak santri dari berbagai pondok pesantren berbondong-bondong mendatangi pondok pesantren lain untuk mengikuti pengajian kitab yang akan dibaca di Bulan Romadhon. Serta mencari barokah kepada kiai atau pondok pesantren yang dituju.

Facebook Comments

About the author

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *