Berita terkini
HAUL MBAH WALI MUSYAFFA’ (BERSAMA PENGASUH PONDOK PESANTREN SALAF APIK KALIWUNGU)

 

HAUL MBAH WALI MUSYAFFA’

(BERSAMA PENGASUH PONDOK PESANTREN SALAF APIK KALIWUNGU)

Sejarah eksitensi kegiatan haul di indonesia khususnya di pulau jawa tidak bisa terlepas dari sejarah munculnya ajaran Islam. Suatu hal yang mendasari adanya tradisi tersebut adalah ajaran yang ada pada zaman Rasulullah SAW.

 

 

 

 

Dalam perkembangannya acara tersebut terlimitasi pada para tokoh agama. Seperti kyai, ulama dan para Auliya’ (wali). Sangat sedikit ditemukan haul diselenggarakan oleh orang yang tidak mendapat laqob kyai, ulama, atau wali. Sekalipun ada, model acara dan formatnya berbeda.

Kata ‘‘haul” berasal dari bahasa Arab, yang memiliki arti setahun. Sedangkan secara istilah dalam kehidupan sosial. Saat itu, Rasulullah SAW menziarahi para syuhada perang uhud, beliau seraya mengucapkan salam dan mendoakan mereka atas amal yang telah dikerjakan. Sehingga apabila sekerang tradisi tersebut dihelat oleh sebagian masyarakat untuk menghauli tokoh agama, hal itu terproyeksi dari tujuan yang terkandung pada ihwal  Rasulullah SAW, yakni memanjatkan do’a atas amaliyah sang mendiang dan mengenang perjuangan atau jasanya.

        

.     Rabu, 25 Dzulhijjah 1439 H, Pondok Pesantren Salaf APIK mengadakan acara haul Mbah Wali Musyaffa, tepatnya ba’da Subuh di Maqbaroh Jabal Nur  dengan Membacakan Asror As Suwar dan Tahli yang diikuti oleh seluruh santri dan dipimpin langsung oleh Abah K.H. M. Sholahuddin Humaidulloh (Pengasuh Pondok Pesantren Salaf APIK).

Mbah Wali Musyaffa’  tokoh kyai yang ke ‘alimannya tertutup oleh kewaliannya merupakan santri KH.Irfan Bin Musa “pendiri pondok pesantren salaf APIK”

  

 

 

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini semoga para santri bisa mendapatkan barokah ilmu dari beliau dan semoga bisa menjadikan sebab difutuhnya hati dan fikiran  para santri dalam mempelajari dan memahami ilmu agama. Aaamiiin!!!!!

Facebook Comments

About the author

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *